Thursday, December 20, 2007

Hari Raya Kurban..



Temen ku pernah bilang,"kasian yah pas hari raya kurban, seluruh dunia sedang berlumuran darah kambing dan sapi yang banyak sekali jumlahnya."

Aku diam saja ga menjawab, takut salah, takut berdebat, ilmu ku belum nyampe.
Tapi aku sedih, ga bisa berkata2 saat itu.

Ada beberapa ritual yang Insya Allah selalu ku lakukan tiap tahun yaitu pada tahun baru Islam (1 muharram) dan Hari raya kurban.

Diantaranya...

Tahun Baru 1 Muharram adalah hari yang selalu kujadikan hari berkaca, melihat dalam-dalam apakah yang kulakukan saat ini adalah yang terbaik untukku, istriku, anakku dan keluargaku.

Dan Alhamdulillah, telah kulakukan sebanyak dua kali pengambilan keputusan hijrah dari kerjaan yang satu ke kerjaan yang lainnya.

Aku sangat yakin hari itu adalah hari yang paling baik untuk mengambil keputusan hijrah dari kehidupan kita, seperti yang dilakukan Rasul SAW, jaman dahulu.

Hari raya kurban, bukan hanya membeli ternak untuk kurban yang tujuannya adalah bersaksi kepada Allah SWT bahwa kita rela mengorbankan harta kita untuk hidup orang lain.

Seberapa banyak kita mau mengeluarkan uang untuk membeli daging yang akan dimakan oleh orang lain yang sanggup makan daging hanya setahun sekali pas hari raya.

Tapi sebenarnya makna hari ini bisa lebih jauh lagi, yaitu sebanyak apa kita sanggup berkurban untuk kepentingan orang lain demi menerima ridho dari Allah SWT, bukan hanya duit, makanan tetapi pengorbanan apa saja yang menurut kita berharga tapi pengorbanan itu baik kita lakukan agar jauh dari fitnah dan baik untuk menyenangkan/ menentramkan hati orang lain,

Ribet yah? Yah intinya pengorbanan, sejauh mana mau berkorban untuk oranglain dan akan dibalas kebaikan nanti oleh Allah SWT. Insya Allah. Amin.

Maaf bila ada tulisan yang salah atau terkesan menggurui. Hanya sekedar share aja. Mohon maaf lahir bathin.

3 comments:

Unknown said...

perenungan yang cukup menarik, memang kita harus mempertanyakan kepada diri sendiri, sudah berapa banyak diri ini "berkurban" untuk Allah swt

yuniardo said...

wah udah dikunjungi duluan ni.. thanks ya buat commentnya

Anonymous said...

kalau teman teman mau ndengerin pembahasan idul adha bisa di download gratis di free audio mp3 www.ilmoe.com